Home > Daerah > Warga Aceh Timur Mengeluh dengan Keberadaan PT Medco: Pikirkan Nasib Kami

Warga Aceh Timur Mengeluh dengan Keberadaan PT Medco: Pikirkan Nasib Kami

Sebarkan Berita Ini

MEDIARESMI.COM | Salah seorang warga Kecamatan Indra Makmur Kabupaten Aceh Timur, Aminah (46) mengeluh dengan keberadaan PT Medco E&P Malaka, karena mengaku selama sulit bercocok tanam.

Aminah sebagai pemilik lahan perkebunan yang berada di sisi Right Of Way (ROW) PT. Medco E&P Malaka, mengatakan bahwa sekitar 80 hektar lahan sawah tidak bisa digunakan karena tergenang air.

Aminah juga mengungkap ada lahan warga yang longsor dan gorong-gorong yang longsor di sekitaran jalan Right Of Way (ROW) KP 6+700 jalur CPP-Jambo Bale, atau tepatnya di Blok Sa Paya Serdang, Gampong Jambo Lubok. Kecamatan Indra Makmu, Kabupaten Aceh Timur.

Karena itu, Aminah dan beberapa warga lainnya melakukan aksi protes meminta Medco menyelesaikan persoalan itu. “Lahan sawah dan kebun tidak bisa digunakan selama ada jalan Medco, baik untuk tanaman muda atau tanaman tua,” katanya, Selasa 26 Januari 2021.

Aminah berharap PT. Medco segera menangani masalah gorong gorong air yang dibuat oleh PT. Medco yang airnya mengalir ke lahan masyarakat, asehingga banyak dari lahan warga yang terendam air dan lahan tersebut tidak bisa dimanfaatkan oleh masyarakat untuk bercocok tanam.

“Selama adanya Medco, bukannya kami sejahtera. Tapi, sejak adanya Medco ditambah tergenangnya air di lahan yang dulunya untuk kami bersawah saja tidak bisa lagi,” katanya kesal.

Aminah juga meminta PT. Medco, agar membangun waduk di area tanah tersebut untuk irigasi, supaya air yang selama ini masuk ke area tanah warga bisa dikendalikan dan tidak merugikan.

“Sudah berapa tahun kami tidak bisa bertani. Tolonglah medco, pikirkan nasib kami,” kata Aminah penuh harap.

Sementara itu, terkait tanah yang longsor, diharapkan PT. Medco menyelesaikannya dengan cara membayar kerugian warga akibat longsor tersebut.

Hingga berita ini tayang, belum ada tanggapan dari perusahaan terkait permintaan dan harapan warga setempat. PT Medco sendiri, selama ini terus berusaha mengeruk hasil alam Aceh dan berusaha membangun melalui dana CSR.

Penulis: Saifuddin Is

You may also like
KKP Turunkan Tim Survei untuk Program Shirmp Estate di Aceh Timur
Bupati Rocky Gandeng Puluhan Perusahaan untuk Perbaiki Infrastuktur di Aceh Timur
Petani Datangi Kantor DPRK Aceh Timur Terkait Keberadaan PT Medco & Malaka
Proyek Embung Irigasi Paya Keutapang Aceh Timur Diduga Dikerjakan Asal Jadi

Leave a Reply