Home > Ekonomi Bisnis > Wali Kota Banda Aceh: Kota Ini Hidup dengan Pariwisata

Wali Kota Banda Aceh: Kota Ini Hidup dengan Pariwisata

Sebarkan Berita Ini

MEDIARESMI.COM | Wali Kota Banda Aceh H. Aminullah Usman mengatakan bahwa Kota Banda Aceh sangat tergantung pada sektor pariwisata. Menurutnya, kunjungan wisatawan ke Kota Banda Aceh sangat mempengaruhi pergerakan roda ekonomi.

Hal itu disampaikan Aminullah saat penandatanganan perjanjian kerjasama antara Wali Kota Banda Aceh dengan Ketua Ikatan Saudagar Muslim se-Indonesia (ISMI), Nurchalis, Rabu 25 November 2020, di pendopo wali kota.

Penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) tersebut dalam rangka meningkatkan kapasitas pemberdayaan pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kota Banda Aceh. Kedua pihak berkomitmen melakukan pengembangan dan pembinaan UMKM kota melalui jaringan ISMI baik itu di tingkat Nasional maupun Internasional.

Dalam kesempatan itu, hadir Pelaksana Tugas (PLT) Asisten II Samsuar, Kepala Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan M. Nurdin, Kepala Dinas Pariwisata Iskandar, Kabag Ekonomi Setdako M. Ridha dan jajarannya.

Mereka mendampingi langsung Wali Kota untuk menguraikan langsung butir-butir MoU bersama pihak ISMI. Aminullah menilai, keterkaitan antara bidang ekonomi sektor UMKM dengan pariwisata sangat erat.

Pasalnya, dengan bertambahnya wisatawan yang datang ke Banda Aceh maka akan dengan mudah memperkenalkan produk usaha UMKM seperti souvenir dan jajanan khas Aceh yang ada.

“Mereka yang datang pasti akan membelanjakan uangnya di sini. Semakin banyak yang datang, maka semakin banyak pelaku usaha yang terbantu,” jelasnya.

Ketua Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) Aceh itu mengharapkan, nota kesepahaman ini mampu memberikan gebrakan baru bagi pelaku UMKM dan mampu mempromosikan produk lokal di luar hingga mancanegara.

“Kota ini hidup dengan pariwisata, terakhir kunjungan wisatawan di Banda Aceh meningkat drastis. Namun, ketika pandemi melanda kita semua diuji, dalam hal ini pun juga,” kata Aminullah.

You may also like
188 CPNS Formasi 2019 Terima SK dari Wali Kota
Wali Kota Minta Semua Elemen Ikut Menegakkan Syariat Islam
Terobosan ATM Beras Pak Wali untuk Warga Miskin
Sambil Goreng Kentang, Wali Kota Banda Aceh: Perlu Modal Usaha Ada Mahirah Muamalah

Leave a Reply