oleh

Vaksin Covid-19 Kedaluwarsa Penuhi Gudang Penyimpanan

MEDIARESMI.COM | Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin akan memusnahkan vaksin-vaksin yang sudah expired atau kedaluwarsa. Dia mengatakan, vaksin Covid-19 yang sudah kedaluwarsa memenuhi gudang penyimpanan di daerah.

Sebagian vaksin yang kedaluwarsa ini merupakan hibah dari negara-negara lain. Total ada 130 juta vaksin hibah atau donasi yang diterima pemerintah hingga April 2022.

“Sebagian vaksinasi hibah dan sebagian kecil juga vaksinasi kita beli itu mengalami expired, dan itu masih disimpan di lemari es-lemari es di seluruh provinsi daerah,” kata Menkes Budi Gunadi, Selasa 31 Mei 2022.

Hal itu disampaikan dalam konferensi pers usai rapat bersama Presiden Jokowi di Istana Kepresidenan Jakarta. “Sehingga akibatnya memenuhi gudang-gudang yang ada di sana. Sehingga kalau kita mau kirim vaksin yang baru nanti akan terhambat,” ujarnya.

Menkes menjelaskan, banyak negara maju yang menghibahkan vaksin Covid-19 ke Indonesia karena melihat cepatnya laju vaksinasi di Tanah Air. Hanya saja, vaksin hibah tersebut memiliki tanggal kedaluwarsa yang cepat yakni, 1 sampai 3 bulan saja.

“Tapi karena di awal tahun kita merasa butuh (vaksin), ini gratis, kenapa tidak, itu yang sekarang disuntikkan. Itu penyebabnya kemudian memang kenapa expired, karena jangka waktu expired dated-nya 1 sampai 3 bulan,” jelas Budi.

Dia menekankan pentingnya vaksin Covid-19 kedaluwarsa dimusnahkan agar tak menghambat program vaksinasi lainnya karena penuhnya gudang penyimpanan. Terlebih, pemerintah juga akan mulai menggencarkan program vaksinasi anak.

Sumber: Liputan6

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed