Ternyata Banyak ASN Tak Bisa Bikin Surat

MEDIARESMI.COM | Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Abdullah Azwar Anas mengungkap banyak aparatur sipil negara (ASN) tidak bisa membuat dan mencetak surat.

Karena hal itu, kata dia, Presiden Joko Widodo (Jokowi) pun marah. Hal tersebut disampaikan Menteri PAN-RB, saat membuka Rapat Koordinasi Persiapan Pengadaan ASN 2022.

“Pak Jokowi marah ketika ASN tidak bisa nge-print surat dan tidak bisa bikin surat dengan alasan susah dan seterusnya,” jelas Anas, dikutip dari akun Youtube Kementerian PANRB, Sabtu 17 September 2022.

Melansir CNBCIndonesia.com, masalah terkait ASN bukan saja soal penyebaran yang tidak merata dan hanya menumpuk di kota besar, juga soal kompetensi yang juga tidak merata.

Menurut Anas, terkait kompetensi inilah yang ke depan yang akan ditingkatkan jika ingin ASN lebih hebat.

Dalam kesempatan itu, Anas juga mengungkap kurangnya koordinasi antar-instansi, serta banyaknya lembaga yang fokus pada program kegiatan bukan pada program prioritas Presiden.

“Birokrasi masih terjebak pada yang bukan prioritas Presiden. Tapi kita masih terjebak instansi Kementerian-Lembaga masing-masing karena urusan makanya bikin kegiatan. Di mana uangnya habis dan kegiatan yang tidak nyambung di program,” tegasnya.

Kedepan, program pemerintah yang dijalankan dari pusat sampai daerah akan tersambung dalam sistem akuntabilitas kinerja pemerintah (SAKP).

(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *