oleh

SMSI Aceh Dukung Penangguhan Penetapan Anggota Dewan Pers Baru

MEDIARESMI.COM | Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Aceh, mendukung sikap SMSI Pusat, yang mendesak penangguhan penetapan anggota Dewan Pers baru, karena dinilai tidak sesuai dengan hasil rapat BPPA pada Senin 1 Oktober 2021.

Pernyataan sikap tersebut disampaikan Ketua SMSI Aceh Aldin Nainggolan, dan Sekretaris Muhajir Juli, setelah menyepakatinya bersama 30 perusahaan pers di Aceh yang menjadi anggota.

Menurut Aldin, sesuai dengan hasil rapat pada Rabu 19 Januari 2022, SMSI Aceh mendukung penuh sikap SMSI Pusat yang meminta Ketua Dewan Pers menunda penetapan anggota DP yang baru, karena masih memiliki sejumlah masalah.

Sesuai dengan sikap SMSI Pusat, Aldin dan Muhajir mengatakan, proses pemilihan anggota Dewan Pers kali ini tidak sesuai dengan aturan yang berlaku. Telah terjadi sejumlah dugaan kecurangan untuk memuluskan kepentingan kelompok tertentu.

Sebagai lembaga yang bertugas mengawasi kegiatan pers yang sehat, Dewan Pers haruslah diisi oleh orang-orang yang dihasilkan oleh proses pemilihan yang berintegritas.

Cara-cara yang ditempuh dalam pemilihan anggota Dewan Pers, telah meniadakan keberadaan SMSI Pusat yang merupakan organisasi perusahaan pers dengan anggota terbesar di Indonesia.

Di sisi lain, proses tersebut telah memberikan jalan sebesar-besarnya bagi kekuatan kapital besar. Dengan jumlah anggota 1.700 perusahaan pers di seluruh Indonesia, tambah Aldin, SMSI tidak diberikan ruang menempatkan perwakilannya di Dewan Pers.

“Proporsi keanggotaan Dewan Pers hasil pemilihan beberapa waktu lalu tidak proporsional. Dikuasai oleh segelintir kapital besar dan meniadakan kekuatan pers yang selama ini membangun narasi keindonesiaan dari pinggir,” ujar Aldin.

Untuk itu, SMSI Aceh, satu suara dengan SMSI Pusat, mendukung penundaan penetapan anggota Dewan Pers, sebelum berbagai persoalan yang terjadi dalam proses seleksi diluruskan satu persatu.

(*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed