Home > Daerah > Siap-siap! Warga Banda Aceh dan Aceh Besar Bakal Divaksin pada 15 Februari

Siap-siap! Warga Banda Aceh dan Aceh Besar Bakal Divaksin pada 15 Februari

Sebarkan Berita Ini

MEDIARESMI.COM | Pemerintah Aceh segera melakukan vaksinasi terhadap 3,7 juta warga Aceh mulai 15 Februari 2021 mendatang. Dalam waktu lima bulan kedepan, 3,785.510 orang segera disuntik vaksin yang dinilai sudah mendapat izin BPOM dan Halal.

Berdasarkan informasi resmi Pemerintah Aceh, warga Kota Banda Aceh dan Aceh Besar menjadi penerima vaksin pertama. Untuk termin kedua bakal disuntik untuk 21 kabupaten/kota lainnya di Aceh. Seperti disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Aceh dr. Hanif, Rabu 13 Januari 2021.

Dalam rapat virtual mingguan Satgas Covid-19 Aceh di ruang rapat Sekretaris Daerah Aceh, dr. Hanif mengatakan 3,7 juta warga yang menerima vaksinasi terdiri dari 56.450 orang tenaga kesehatan, 365.294 tenaga pelayanan publik dan personil TNI dan Polri.

Selanjutnya, 1.771.014 masyarakat rentan, geospasial, sosial dan ekonomi, dan 1.592.752 pelaku ekonomi esensial serta masyarakat lainnya. “Sehingga total sasaran vaksinasi Covid-19 di Aceh berjumlah 3.785.510 orang dari berbagai latar belakang profesi masyarakat,” ungkap dr.Hanif.

Pelaksanaan program vaksinasi bakal dilakukan di tiga titik, yaitu Rumah Sakit Umum Daerah Zainoel Abidin (RSUDZA), RSUD Meuraxa Banda Aceh dan RSUD Aceh Besar, yang dimulai sejal 15 Februari hingga selesai.

Sementara orang pertama yang bakal menerima suntik vaksin tersebut adalah Gubernur Aceh Nova Iriansyah, diikuti Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman, dan Bupati Aceh Besar Mawardi Ali.

“Jumlah orang yang akan divaksin pada tahap pertama mencapai 6.334 orang tenaga kesehatan dari provinsi dan Kota Banda Aceh. Kemudian ditambah 10 orang pejabat publik provinsi dan Kota Banda Aceh,” kata Hanif.

Kadis Kesehatan Aceh itu menjelaskan, pada tahap tersebut juga akan dilakukan vaksinasi terhadap 2.521 orang tenaga kesehatan dari Kabupaten Aceh Besar ditambah 10 pejabat publik di kabupaten tersebut.

Akan ada 1.014 petugas yang bakal melakukan vaksinasi terhadap jutaan masyarakat Aceh. Para petugas itu telah dilatih caranya, sehingga dianggap siap menyuntikkan vaksin ke warga yang menerima vaksinasi.

dr. Hanif juga menegaskan bahwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) telah menetapkan bahwa vaksin covid-19 Sinovac itu halal. Begitu juga dengan Badan Pengawas Obat dan Makanan (Badan POM) yang telah mengeluarkan izin penggunaan darurat. **

You may also like
188 CPNS Formasi 2019 Terima SK dari Wali Kota
Usai Disuntik Vaksin Sinovac, Sekum PII Aceh Besar: Masyarakat Tidak Perlu Khawatir
Sekda Aceh Minta Tenaga Kesehatan Sosialisasi Vaksin Covid-19
Besok Pemuda Aceh Kembali Geruduk Kantor Gubernur Terkait Bantuan Dana Hibah

Leave a Reply