Home > Daerah > Semarak Ramadhan di Masjid Babul Jannah Dusun Indah

Semarak Ramadhan di Masjid Babul Jannah Dusun Indah

Sebarkan Berita Ini

MEDIARESMI.COM | Pandemi Covid-19 yang belum berakhir, tidak menghalangi warga Dusun Indah Desa Garot Kecamatan Darul Imarah, Kabupaten Aceh Besar, untuk menggelar aktivitas keagamaan seperti biasanya.

Kegiatan shalat jamaah dan tarawih tetap berlangsung dengan baik dan lancar selama masa pandemi, dengan cara menerapkan protokol kesehatan seperti dianjurkan oleh Pemerintah.

Ketua BKM Masjid Babul Jannah, Junaidi, S.Sos mengatakan, shalat tarawih pada ramadhan tahun ini juga diisi dengan ceramah singkat oleh para dai yang didatangkan dari luar dusun setempat.

Usai shalat isya berjamaah, para jamaah mendengarkan ceramah singkat dari para dai yang memotivasi jamaah terus beribadah selama bulan suci ramadhan penuh berkah yang datang hanya setahun sekali.

“Tahun ini kita juga mengadakan lomba kepada anak-anak remaja berupa lomba adzan, hafalan juz 30, lomba ceramah agama dan lomba mewarnai,” kata Junaidi, Rabu 5 Mei 2021.

Dia menjelaskan, pandemi covid-19 jangan sampai membuat anak-anak generasi Islam terganggu dalam mencari ilmu dan berkreasi demi masa depan. “Makanya, lomba tetap dilaksanakan sebagai wadah membina generasi muda kita tetap berkarya,” katanya.

Sementara Kepala Dusun Indah M. Al Kautsar, mengatakan, kegiatan lomba yang diadakan ini dikoordinir oleh Remaja Mesjid yang diketuai oleh Abdilla atau akrab disapa Boy. Kegiatan yang dilaksanakan beberapa hari ini sudah berakhir pada Senin 3 Mei 2021.

“Anak-anak kita yang memenangkan lomba juga kita berikan hadiah berupa piagam penghargaan. Mereka para remaja yang masih duduk di bangku SD dan SMP, sehingga piagam itu kita harapkan membuat hati anak-anak kita gembira atas prestasi yang mereka raih,” katanya.

Ia pun mengahrapkan, anak-anak yang belum menang dalam perlombaan tersebut dapat terus meningkatkan keterampilannya, sehingga kedepan juga mendapat kemenangan dan membanggakan orang tua.

“Jadi ada beberapa kegiatan yang kita laksanakan, tujuannya juga untuk mempererat dilaturrahmi. Seperti buka puasa bersama, walaupun hanya mengundang beberapa saja mengingat tidak boleh ada kerumunan karena harus mengikuti protokol kesehatan,” ungkapnya.

Al Kautsar juga berterima kasih kepada warga yang telah berkontribusi dan berpartisipasi suksesnya kegiatan tersebut. Mengingat puasa ramadhan segera berakhir, akan ada beberapa agenda lagi bakal dilaksanakan.

Ada beberapa kegiatan lagi harus kita sukseskan bersama, seperti santunan anak yatim, kemudian menampung dan menyalurkan zakat fitrah. Untuk santunan anak yatim sudah banyak terkumpul dana sedekah dari masyarakat, dan rencana akan disalurkan pada 27 puasa bersmaan dengan penyaluran zakat fitrah,” jelasnya.

Sementara, saat ini di sepuluh hari terakhir Ramadhan, dia juga mengajak warga melakukan Qiyamullail setiap malamnya seperti masjid-masjid yang lain. “Mari kita makmurkan masjid kita, mudah-mudahan Allah berikan kita rahmat dan ampunannya,” harapnya.

Selain itu, Ketua BKM Masjid Babul Jannah, Junaidi menambahkan, dalam melaksanakan setiap kegiatan, panitia menggunakan sistem open manajemen (manajemen terbuka). “Keterbukaan dalam mengelola jalannya semua kegiatan terutama menyangkut dengan keuangan,” jelas mantan Dirut PDAM Banda Aceh itu.

Menurutnya, siapapun boleh bertanya menyangkut dengan BKM. Baik soal pelaksanaan kegiatan maupun tentang pengelolaan keuangan.

Hadir pada kesempatan itu, Geuchik Desa Garot, Teddy Helvan, SE; Ketua Tuha Peut Desa Garot, Jufri; Imam Masjid Babul Jannah, Ust. Fadhil; para pengurus BKM, dan para pemuda setempat. Acara berlangsung dengan baik dan lancar serta penuh keakraban. **

You may also like
Warga Komplek Dusun Indah Garot Sembelih 22 Hewan Kurban

Leave a Reply