Home > Kesehatan > Resiko Terlalu Sering Makan Mie Instan

Resiko Terlalu Sering Makan Mie Instan

Sebarkan Berita Ini

MEDIARESMI.COM | Mie instan adalah salah satu makanan yang paling mudah dibuat dan cukup mengenyangkan. Selain itu, mie instan memiliki rasa yang lezat, hal itu yang membuat kita tidak bisa berpaling dari mie instan.

Mie instan salah satu makanan paling populer yang banyak dikonsumsi di berbagai belahan dunia, termasuk Indonesia. Pilihan rasanya yang beragam, ekonomis, dan praktis membuatnya banyak diburu masyarakat.

Namun jangan dibiasakan untuk konsumsi mie instan terlalu sering, hal ini dapat berpengaruh pada kesehatan.

Mie instan yang terbuat dari karbohidrat olahan mengandung sedikit serat. Di balik rasanya yang lezat justru mengandung zat berbahaya yang mengancam kesehatan.

Terlalu banyak makan mie instan akan menyebabkan peningkatan gula darah, penambahan berat badan dengan cepat, dan beberapa masalah kesehatan lain yang sangat berbahaya.

Selain itu, mie instan juga mengandung pewarna dan pengawet yang juga dapat menyebabkan masalah kesehatan.

Sehingga, mengonsumsi mie instan yang berlebihan tidak hanya dapat memicu obesitas tetapi juga penyakit metabolik seperti diabetes, tekanan darah tinggi, hipertensi, hingga masalah jantung.

Berikut 5 bahaya makan mie instan bagi kesehatan yang dirangkum dari @fkui.ukk.

  1. Dapat Mengurangi Kemampuan Serap Zat Gizi

Mie instan ternyata dapat mempengaruhi secara negatif proses pencernaan hingga beberapa jam setelah dimakan. Mie instan sulit untuk dicerna, hal ini yang bisa menganggu pencernaan Anda.

  1. Efek Samping MSG

MSG tidak bisa dihindari dari mie instan, inilah yang membuat mie instan terasa lezat. Kaya penyedap masakan MSG atau monosodium gultamat, dapat menyebabkan elergi, sakit kepala, sakit dada dan berkolerasi dengan kanker.

  1. Berisiko Memicu Kanker

Makan mie instan berlebihan bisa berisiko memicu kanker yang menyebabkan kematian. Biasanya mie instan mengandung bahan pengawet, zat anti beku, dan unsur lain yang bersifat karsinogen atau bisa mekibatkan kanker.

  1. Mengandung Zat Anti Beku

Zat anti beku seperti propylene glycol bertujuan mencegah mie menjadi kering. Konsumsi bahan aditif anti beku memicu gangguan hati, jantung, gijal serta dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh.

  1. Kandungan Natrium Berlebihan

Kadar natrium tinggi bisa menyebabkan batu ginjal dan gangguan ginjal lainnya. Oleh karena itu cobalah untuk tidak mengkonsumsi mie instan terlebih secara berlebih.

Sumber

Leave a Reply