Home > Peristiwa > Polda Aceh Minta Kasus Siswi Tumbang Usai Divaksin Tidak Dibesar-besarkan

Polda Aceh Minta Kasus Siswi Tumbang Usai Divaksin Tidak Dibesar-besarkan

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

MEDIARESMI.COM | Kepolisian Daerah (Polda) Aceh turut angkat bicara soalh kasus seorang siswi di SMKN1 Lhokseumawe, Khana Darasa Naswa, yang tumbang tidak lama usai divaksin covid-19, pada Rabu 22 September 2021.

Kapolda Aceh melalui Kabid Humas Polda Kombes Pol. Winardy mengatakan, pihaknya melalui Polres Lhokseumawe telah datang dan melihat langsung kondisi terkini siswa yang terkapar usai divaksin tersebut.

Menurut Winardy, berdasarkan penjelasan dari dokter, kondisi siswi Khana Darasa Naswa saat ini sudah membaik. Namun demikian, korban vaksin covid-19 itu masih butuh waktu untuk menjalani perawatan agar sehat kembali.

Winardy menyebut siswi tersebut hanya merasa takut dan shok. “Terkait kejadian tersebut, ada beberapa fakta yang tidak bisa kita nafikan, sehingga tidak menimbulkan keresahan ditengah masyarakat untuk menerima vaksin,” katanya pada media, Jumat 24 September 2021.

Menurut Winardy, korban terlebih dahulu telah dilakukan screning dan tensi, sebelum divaksin. Saat ini, kata dia, hasilnya pemeriksaan menunjukkan kondisinya normal.

Adapun pemeriksaan sebelum menjalani penyuntikan vaksin, disebut merupakan mekanisme yang tetap dilakukan oleh petugas vaksinator kepada semua orang yang akan disuntik vaksin.

Kabid Humas Polda Aceh itu juga mengatakan, setelah menerima vaksin, korban diobservasi selama 30 hingga 40 menit, untuk mengetahui efek yang ditimbulkan. Namun menurutnya, saat itu korban baik-baik saja.

“Saat discrening, yang bersangkutan sudah ditanyakan oleh petugas tentang kondisi dan riwayat penyakit. Kemudian setelah vaksin juga ada dilakukan observasi. Saya rasa, petugas vakdinator sudah bekerja sesuai dengan SOP,” ujarnya.

Dalam keterangannya, Winardy juga mengingatkan kembali bahwa vaksin yang diberikan kepada masyarakat telah lebih dulu diperiksa oleh pihak berwenang yaitu BPOM. Vaksin covid-19 itu dianggap tidak ada masalah sama sekali.

“Namun secara umum, efek samping itu tetap ada seperti nyeri di titik bekas suntikan, sakit kepala, kelelahan, dan sedikit nyeri otot. Efek samping saya rasa tetap ada. Dan itu umum ditimbulkan oleh semua vaksin,” katanya.

Baca juga: Terkapar Usai Divaksin, Orang Tua Siswi SMK Negeri di Lhokseumawe Murka

Polda Aceh berharap, pemberitaan terkait dengan kejadian tersebut tidak dibesar-besarkan, apalagi ditambah-tambah dengan fakta yang tidak berdasar. Ia juga berharap ada hikmah dibalik kejadian yang menimba korban.

“Semoga di balik semua ini ada hikmah yang bisa kita petik. Kami berdoa, semoga adinda Khana Darasa Naswa cepat sembuh, sehingga dapat kembali belajar seperti semula,” harapnya.

Penulis: Ahmad Mirzda

You may also like
Diduga Jual Beli Chip Domino, Seorang Pedagang di Aceh Timur Ditangkap Polisi
Jumlah Penerima Vaksin di Aceh Masih Dibawah 100 Ribu Orang
FDA: Moderna Tak Penuhi Kriteria Vaksin Booster Covid-19
Polisi Ajak Pedagang dan Warga di Pasar Inpres Lhokseumawe Ikut Vaksinasi

Leave a Reply