oleh

Pj Gubernur Aceh, Menanti Pilihan Jokowi

MEDIARESMI.COM | Menjelang berakhirnya masa jabatan Gubernur Aceh Nova Iriansyah, publik mulai hangat membicarakan sosok calon Pj Gubernur untuk Aceh.

Isu yang dibangun pun terkesan penuh dengan kepentingan kelompok tertentu, ada yang berupaya menghadirkan sosok dari kalangan sipil maupun dari kalangan militer, putra asli Aceh atau dari luar Aceh.

Sekretaris Umum PW SEMMI Aceh, Muhammad Hasbar, salah satu putra Aceh yang mengutarakan pemikirannya tentang sosok Pj Gubernur Aceh pengganti Nova Iriansyah yang segera turun tahta.

Dalam rilis yang diterima awak media, Rabu malam 6 April 2022, Hasbar terkesan mengharapkan sosok Pj Gubernur untuk Aceh bukan dari kalangan militer, tapi harus sipil dan orang Aceh.

Ia pun mengingatkan pernyataan presiden soal calon pejabat sementara untuk daerah yang masa jabatan gubernur atau Bupati/wali kota segera berakhir pada 2022 ini.

“Justru karena kondisi keamanan Aceh pada dasarnya baik-baik saja, maka tidak ada keharusan dikhususkan untuk Aceh harus dari militer, bahkan jika melihat dari kondisi sebelumnya pasca damai, pihak sipil yang ditunjuk sebagai Pj Gubernur Aceh seperti Dr Mustafa Abu Bakar dan Ir Tarmizi Karim juga mampu membuat stabilitas keamanan Aceh tetap aman dan kedamaian Aceh dirawat,” ujar Hasbar.

Dia mengatakan, sosok Pj untuk Gubernur Aceh sangat tergantung pada kebijaksanaan Presiden Jokowi. Siapa pun yang dipilih tentu yang terbaik menurut Presiden untuk kebaikan dan kemajuan Aceh.

“arena Aceh bukan daerah darurat militer, sah-sah saja jika Presiden menunjuk Pj Gubernur dari kalangan sipil, namun juga alangkah lebih bijaksananya jika dari kalangan sipil yang memiliki kemampuan manajemen konflik, sehingga benih-benih konflik pun dapat terminimalisir,” jelasnya.

Pada dasarnya, lanjut Hasbar, sipil atau militer tidak ada jaminan akan berdampak signifikan terhadap ekonomi Aceh, kecuali Pj Gubernur yang ditunjuk memiliki visi, konsep dan mengerti kondisi riil masyarakat Aceh.

“Memang tidak ada keharusan Pj Gubernur Aceh harus orang Aceh, namun alangkah lebih bijaknya jika ada oKita yakin dan percaya, Pak presiden Jokowi yang pernah lama tinggal di Aceh paham betul siapa sosok yang dibutuhkan dan tepat bagi masyarakat Aceh,” katanya.

Intinya, tambah Hasbar, semua kebijakan dan kebijaksanaan presiden diharapkan yang terbaik. “Beliau pastinya sangat paham tentang Aceh yang merupakan kampung halaman keduanya,” tutupnya.

 

(*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed