oleh

Pemerintahan Afghanistan Bubarkan Komisi Pemilihan Independen

MEDIARESMI.COM | Pemerintah Afghanistan yang dipimpin Taliban memilih membubarkan komisi pemilihan negara itu, Komisi Pemilihan Independen (IEC) dan Komisi Pengaduan Pemilihan Independen.

IEC merupakan sebuah lembaga yang mengawasi pemilihan selama pemerintahan sebelumnya. Menurut Taliban, seperti dikutip CNNIndonesia dari AFP, komisi tersebut sudah tidak perlu.

“Komisi-komisi ini tidak perlu ada dan beroperasi. Jika kami merasa perlu, Imarah Islam akan menghidupkan kembali komisi ini,” kata juru bicara pemerintah Taliban Bilal Karimi, Minggu 26 Desember 2021.

Seperti diketahui, Taliban merebut kembali kekuasaannya setelah berhasil mengusir Amerika Serikat dan Barat dari Afghanistan, dan berhasil menggulingkan kembali pemerintahan boneka AS dan Barat ada Agustus 2021 lalu.

IEC sendiri didirikan pada 2006 lalu dan diberi mandat untuk menyelenggarakan dan mengawasi semua jenis pemilihan, termasuk pemilihan presiden.

Sementara itu, seorang politisi senior di rezim sebelumnya, Halim Fidai, mengatakan bahwa Taliban terkesan tidak percaya pada “demokrasi barat”.

“Mereka menentang semua lembaga demokrasi. Mereka mendapatkan kekuasaan melalui peluru dan bukan surat suara,” kata Fidai, yang menjadi gubernur empat provinsi selama dua dekade sebelumnya.

(*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed