Home > Nasional > MUI Bolehkan Buka Puasa Bersama

MUI Bolehkan Buka Puasa Bersama

Sebarkan Berita Ini

MEDIARESMI.COM | Majelis Ulama Indonesia (MUI) tidak mempermasalahkan pelaksanaan buka puasa bersama saat Ramadhan 1442 Hijriah.

Namun, MUI menekankan perlunya umat menerapkan protokol kesehatan saat melaksanakan buka puasa bersama agar terhindari dari paparan virus covid-19.

Hal itu tertuang dalam Fatwa MUI Nomor 24 Tahun 2021 Tentang Panduan Penyelenggaraan Ibadah di Bulan Ramadhan dan Syawal 1442 Hijriah.

“Buka bersama di rumah, di masjid, di kantor, atau tempat lain boleh dilakukan dengan tetap menjaga protokol kesehatan,” bunyi salah satu poin Fatwa MUI yang ditetapkan Senin 12 April 2021 kemarin.

MUI turut menyinggung tentang umat yang berstatus pasien positif Covid-19 saat Ramadhan. Terdapat ketentuan umat berstatus pasien positif Covid-19 diperbolehkan tidak berpuasa.

Orang Islam yang sedang sakit seperti terkena Covid-19 dan dikhawatirkan kesehatannya terganggu jika berpuasa, juga boleh tidak berpuasa, tapi wajib menqadha (mengganti) di hari yang lain ketika sembuh.

Seperti dilansir JPNN.com, Fatwa MUI kemudian berbicara tentang orang Islam yang tidak dapat melaksanakan puasa karena sakit yang tidak ada harapan sembuh.

Dalam fatwa MUI, orang yang dimaksud terbebas dari kewajiban puasa dan tidak wajib menqadha. Namun, orang yang dimaksud wajib membayar fidiah.

“Dengan memberi makan orang miskin sebesar satu mud atau yang setara dengan enam ons beras untuk setiap hari puasa yang ditinggalkan,” demikian fatwa MUI.

You may also like
Lupa Mandi Junub Setelah Berhubungan Intim, Bolehkah Berpuasa?
Mimpi Basah sedang Puasa Ramadhan, Puasanya Batal?
Tips Selalu Sehat Berpuasa Ramadhan
Dukung Perekonomian Umat, BSI Teken Kerjasama dengan MUI dan PBNU

Leave a Reply