oleh

LSM Seulanga Aceh Tanam Cemara di Pantai Alue Naga

MEDIARESMI.COM | Lembaga Seulanga Aceh menanam 150 pohon cemara laut setinggi 250 cm di Pantai Alue Naga, Banda Aceh, Jumat 1 Juli 2022.

Kegiatan ini mengusung Tema “Merawat Ekosistem Pantai sebagai Tempat Destinasi Wisata dan Upaya Pencegahan Dini bencana”.

Ketua Seulanga Aceh Wardhana Prasetya mengatakan kegiatan penanaman cemara laut penting untuk menjaga ekosistem perairan antara laut, pantai dan darat serta membantu manusia dalam mendapatkan iklim dan cuaca teduh, dan nyaman dalam berwisata. Sehingga tumbuh kesadaran dari semua elemen masyarakat mendorong perbaikan lingkungan.

“Saya juga berharap kepada pemerintah daerah supaya lebih intens terlibat dalam kegiatan-kegiatan yang menyentuh konservasi lahan dan lingkungan seperti ini,” ujarnya.

Upaya yg di lakukan LSM Seulanga Aceh ini didukung PLN UIW Aceh, Bank Aceh Syariah, Jurusan Biologi FMIFA USK. Turut hadir dosen dan mahasiswa yang berasal dari Jurusan Biologi USK, Akademi Farmasi YPPM Mandiri, STIKES Assyifa Aceh, Komunitas Pencinta Alam dan Lingkungan serta masyarakat sekitar.

Imum Syiek Gampong Alue Naga mewakili perangkat gampong menilai, program ini merupakan program yang luar biasa yang dilakukan di Desa Alue Naga. “Karena program penanaman pohon cemara ini sudah lama kami nanti-nantikan, dan kami selaku masyarakat sangat membutuhkan,” ungkapnya.

Ia berharap kegiatan ini dilakukan secara berkelanjutan. Imum Syiek Gampong Alue Naga juga menyampaikan terimakasih kepada PLN UIW Aceh dan mitra kerja Seulanga Aceh, karena mau menanam pohon cemara di pantai Alue Naga.

“Dengan adanya penanaman pohon tersebut, Pantai Alue Naga bisa terselamatkan dan masyarakat kedepannya sudah sangat nyaman untuk berwisata disini,” harapnya.

Sementara itu, Sekretaris Jurusan Biologi FMIFA USK Fauziah, M.Si mengatakan para mahasiswa yang ikut berpartisipasi sangat senang dan antusias karena terjun langsung ke lapangan menanam untuk menyelamatkan lingkungan.

“Walaupun dimulai dari hal yang kecil namun bisa bermanfaat dan berdampak luas bagi masyarakat dan lingkungan,” katanya.

Dia menjelaskan, menanam satu pohon berarti memberikan banyak kebaikan kepada makhluk hidup yang lain. “Ketika kita memberikan satu kebaikan maka Allah akan melimpahkan kita banyak kebaikan yang lain,” jelasnya.

Sedangkan Pembina LSM Seulanga Aceh Dr. Lenni Fitri, S.Si, M.P mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang terlibat membantu jalannya kegiatan serta berharap kedepan tetap bersinergi.

Laporan: Hakim

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed