Home > Polhukam > KPK Ungkap Peran BIN, BAIS hingga BNPT dalam Tes Alih ASN

KPK Ungkap Peran BIN, BAIS hingga BNPT dalam Tes Alih ASN

Sebarkan Berita Ini

MEDIARESMI.COM | Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengungkapkan keterlibatan sejumlah instansi dalam penyusunan materi tes wawasan kebangsaan (TWK) untuk syarat alih pegawai KPK menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN).

Instansi itu di antaranya Badan Intelijen Negara (BIN), Badan Intelijen Strategis (BAIS), Pusat Intelijen TNI Angkatan Darat, Dinas Psikologi TNI Angkatan Darat, dan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT).

Adapun dalam tes ini lembaga antirasuah bekerja sama dengan Badan Kepegawaian Negara (BKN). Hal itu disampaikan Wakil Ketua KPK, Nurul Ghufron, dalam jumpa pers di Kantornya, Jakarta.

“BKN RI dalam pelaksanaan asesmen TWK pegawai KPK melibatkan banyak unsur instansi sebagai upaya maksimal memastikan akuntabilitas dan obyektivitas pada seluruh proses penyelenggaraan,” ungkapnya, Rabu 5 Mei 2021.

Ghufron mengklaim seluruh instansi pelaksana asesmen telah melalui proses penyamaan persepsi dengan BKN melalui rangkaian rapat internal bersama unit terkait guna mempersiapkan asesmen. Kata dia, setiap instansi mempunyai tugas masing-masing dalam pelaksanaan asesmen.

Dinas Psikologi TNI AD dan BAIS berperan dalam pelaksanaan Tes Indeks Moderasi Bernegara-(68) dan Integritas; BIN dan BNPT berperan dalam pelaksanaan Profiling; BAIS, Pusat Intelijen TNI AD, dan BNPT berperan dalam pelaksanaan wawancara pegawai KPK.

“BKN RI bersama BIN, BNPT, BAIS, Pusat Intelijen TNI Angkatan Darat dan Dinas Psikologi TNI Angkatan Darat menjadi tim observer hasil asesmen TWK pegawai KPK,” ucap Ghufron.

Baca juga: Mahfud MD Singgung Kemiskinan Era Soeharto, SBY dan Jokowi

Lembaga antirasuah resmi mengumumkan sebanyak 75 pegawai tidak lulus asesmen TWK sebagai syarat alih status menjadi ASN. Sementara 1.274 pegawai dinyatakan memenuhi syarat atau lulus, dan dua pegawai tidak mengikuti sesi wawancara tes tersebut.

KPK menyerahkan nasib 75 pegawai tak lulus tes ASN tersebut kepada Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) dan BKN.

Sumber: CNNIndonesia

You may also like
Fahri Hamzah Minta KPK Berantas Korupsi Jangan Ngintip Amplop
Ketua KPK Firli Bahuri Tak Hadir Dipanggil Komnas HAM soal TWK KPK
Buronan KPK Harun Masiku Masih Diburu, Ngumpet Dimana Sih?
KPK Diminta Serius Berantas Korupsi di Aceh

Leave a Reply