oleh

Kelompok Pengrajin Kerupuk Kulit Dapat Bantuan Mesin Produksi dari Dosen USK

MEDIARESMI.COM | Dosen dari Universitas Syiah Kuala (USK) di bawah Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat menyalurkan zakat produktif Rumah Amal Masjid Jamik USK tahun 2021 kepada kelompok masyarakat Pengrajin Kerupuk Kulit (Kukut) di Gampong Limpok, Kecamatan Darussalam, Kabupaten Aceh Besar.

Jenis bantuan yang disalurkan berupa mesin pengering kulit, mesin pembersih kulit dan mesin penyayat kulit. Kelompok warga yang menerima bantuan tersebut yaitu Nasruddin, M Jafar, Aidul Fitri, Helmi Taleb, Muksalmina, M. IklasĀ  dan Mahdi.

Selain mesin, dosen USK itu juga membantu alat-alat produksi sepertiĀ  dandang perebus berbahan stainlis still, kuali penggorengan dan dapur.

Sedangkan untuk mendukung produksi, kelompok pengrajin kerupuk juga diberikan bantuan berupa minyak goreng, kulit sapi dan bumbu penyedap rasa.

Dosen Jurusan Fisika FKIP Universitas Syiah Kuala, Drs. Ahmad Farhan, M.Si mengatakan, tujuan utama pemberian bantuan tersebut untuk memperbarui mekanisasi sistem produksi dari metode tradisional ke metode mesin dan higenis produksi.

“Mekanisasi ini diharapkan dapat meningkatkan produksi dan kualitas kerupuk kukut. Selain itu, produk yang dihasilkan dan dipasarkan menjadi lebih higenis,” ungkap Drs Ahmad Farhan, M.Si di Banda Aceh, Rabu 10 November 2021.

**

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed