Home > Pendidikan > Jokowi Minta Kampus Siapkan Lulusan Berpengetahuan dan Terampil

Jokowi Minta Kampus Siapkan Lulusan Berpengetahuan dan Terampil

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

MEDIARESMI.COM | Presiden Joko Widodo memberikan arahan kepada para rektor, jangan sampai pengetahuan dan keterampilan mahasiswa tidak dapat menyongsong masa depan.

Sebab, menurut Presiden Jokowi, pengetahuan dan keterampilan yang unggul saat ini bisa jadi tidak dibutuhkan dalam waktu 10 tahun ke depan.

“Mahasiswa harus disiapkan menguasai pengetahuan dan keterampilan yang relevan untuk zamannya,” kata Jokowi saat memberikan arahan acara Forum Rektor Indonesia 2011 dalam siaran virtual, Selasa 27 Juli 2021.

Sebab itu, Jokowi mengatakan saat ini perguruan tinggi harus membutuhkan kolaborasi dengan para praktisi dan pelaku industri.

Demikian juga kata Jokowi sebaliknya para pelaku industri sangat membutuhkan talenta dan inovasi teknologi dari perguruan tinggi.

“Oleh karena itu ajak industri ikut mendidik para mahasiswa sesuai dengan kurikulum industri, bukan kurikulum dosen agar para mahasiswa memperoleh pengalaman yang berbeda dari pengalaman di dunia akademis semata,” ungkapnya.

Jokowi juga meminta agar mahasiswa diberikan kesempatan untuk mengembangkan talentanya. Mahasiswa di jurusan yang sama kata Jokowi tidak berarti harus belajar tentang hal yang sepenuhnya sama.

“Mahasiswa di jurusan yang sama tidak berarti nantinya harus berprofesi yang sama. Setiap mahasiswa mempunyai talentanya masing-masing dan talenta ini yang harus digali, difasilitasi dan dikembangkan. Itulah esensi dari program kampus merdeka dan Merdeka belajar,” tutupnya.

Sumber: Merdeka

You may also like
Soal Jabatan Jokowi Tiga Periode, Begini Penjelasan PDIP
Pemerintah Aceh Sebut Jokowi Peduli kepada Santri dan Ulama
Jokowi Tanya ke Warga Aceh Besar: Sudah Vaksin Belum?
Capaian Vaksinasi di Aceh Masih Rendah

Leave a Reply