Home > Daerah > Istri Gubernur Aceh Ajak Beli dan Gunakan Produk UMKM

Istri Gubernur Aceh Ajak Beli dan Gunakan Produk UMKM

Sebarkan Berita Ini

MEDIARESMI.COM | Istri Gubernur Aceh Dyah Erti Idawati mengaku mendukung kebangkitan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Aceh. Tapi menurutnya, mendukung kebangkitan UMKM tidak sekedar rasa bangga, butuh bukti konkrit seperti membeli dan menggunakan produk-produk UMKM Aceh.

“Jangan hanya bangga tapi beli dan pakai produk UMKM, agar para pegiat UMKM mampu bangkit secara mandiri dan berdiri di atas kaki sendiri,” kata Dyah saat pembukaan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia dan Karya Kreatif Indonesia Seri 1, di pelataran Bank Indonesia perwakilan Aceh, Jumat 26 Maret 2021.

Ketua Dekranasda Aceh itu mengatakan, jika seluruh perangkat daerah di Aceh dan seluruh kabupaten/kota memanfaatkan produk lokal, maka akan sangat banyak pegiat UMKM yang terbantu. Apalagi jika BUMN juga melakukan hal serupa, tentu akan lebih berdampak positif bagi UMKM.

Dyah juga menyampaikan apresiasi kepada Bank Indonesia. Menurutnya, apa yang dilakukan BI merupakan wujud komitmen dan kepedulian terhadap upaya mendorong pertumbuhan ekonomi Aceh, khususnya di sektor UMKM dan industri kreatif.

Menurut Dyah, untuk mewujudkan pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan, sangat diperlukan keseimbangan dan peningkatan kontribusi dari setiap sektor. Salah satu cara mewujudkan hal itu melalui pengembangan sumber ekonomi potensial baru seperti industri kreatif, jasa pariwisata, dan industri pengolahan.

“Aceh memiliki banyak UMKM kreatif unggulan, baik yang bergerak di bidang kriya atau kerajinan, fesyen, maupun kuliner, bahkan telah berekspansi ke luar negeri. Hal ini tentu mampu menjadi penggerak roda perekonomian dan mendorong investasi bagi kemajuan daerah,” tuturnya.

Akhir-akhir ini, kata Dyah, sektor tersebut sudah menggeliat kembali. “Karena itu, kami sangat mengapresiasi kegiatan yang diselenggarakan oleh BI ini,” ungkapnya.

Dyah Erti juga mengimbau pelaku UMKM agar terus melahirkan inovasi pada setiap produk-produk yang dihasilkan, agar semakin menggugah minat masyarakat maupun konsumen. Keberagaman etnis di Aceh membuat hasil kerajinan menjadi lebih kaya, karena masing-masing daerah memiliki ciri khas dan keunikan tersendiri.

“Masih banyak lagi potensi industri kreatif di Aceh yang sangat potensial untuk dikembangkan. Agar menjadi salah satu penopang pertumbuhan ekonomi Aceh di masa depan. Untuk itu, dibutuhkan kolaborasi dari pihak-pihak terkait dalam mendukung tumbuh kembangnya usaha mikro, kecil dan menengah di Aceh,” jelasnya. **

You may also like
Perkembangan Kasus Covid-19 di Aceh Makin Mengkhawatirkan
Prof Syamsul Rijal: Perlu Membangun Kesadaran Warga Ikut Vaksinasi
Lebih 100 Ribu Orang di Aceh Telah Divaksin Selama 9 Hari
Hampir 6 Ribu Warga Aceh Berhasil Divaksin dalam Sepekan

Leave a Reply