Home > Daerah > Iskandar Usman Al-Farlaky: Pemerintah Harus Dorong Industri Produktif

Iskandar Usman Al-Farlaky: Pemerintah Harus Dorong Industri Produktif

Sebarkan Berita Ini

MEDIARESMI.COM | Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Aceh dari Fraksi Partai Aceh, Iskandar Usman Al-Farlaky mengatakan Pemerintah perlu mendorong industri produktif untuk peningkatan perekonomian masyarakat dan membuka akses lapangan kerja.

Dengan begitu, kedepan Pemerintah bakal mampu menekan angka pengangguran dan kemiskinan di Aceh. Hal itu disampaikan Iskandar Usman dalam Focus Group Diskusi (FGD) yang berlangsung di Perfec Coffe Idi Rayeuk.

FGD bertema “Aspek Pertumbuhan Ekonomi Aceh” itu digelar Moeda Seudang Aceh Timur dalam rangka Reses I anggota DPRA tahun 2021, Senin 5 April 2021 siang. Turut hadir Ketua PWI Aceh Timur Musyawir, dan Kabag Ekonomi Sekdakab Aceh Timur, M Oriza.

“Industri produktif ini penting untuk dipikirkan sebagai langkah strategis dalam rangka pemberdayaan ekonomi masyarakat. Hasil produksi sektor pertanian, perikanan, dan perkebunan, yang merupakan sektor andalan Aceh Timur bisa diolah di daerah penghasil, tidak dibawa keluar Aceh,” ujar Al-Farlaky.

Politisi muda Partai Aceh itu menuturkan, banyak hasil pertanian seperti padi, jagung, sagu, dan juga hasil perkebunan berupa CPO sawit dibawa ke Medan, kemudian diolah sebagai barang jadi.

“Hasil olahannya kemudian dijual lagi ke Aceh dengan harga yang ekonomis. Sebab apa, karena tidak ada pabrik di daerah kita,” jelasnya.

Untuk itu, Iskandar Usman Al-Farlaky berharap kedepan bakal ada pabrik di Aceh Timur, sehingga dapat mengolah bahan baku yang tersedia di sana, sehingga nilai jualnya kompetitif di pasaran. Selain itu tentu menyerap tenaga kerja lokal di daerah itu.

Dia optimis Aceh Timur kedepan akan maju. “Kita akan maju. Ini yang harus menjadi pendorong. Saya, kita semua harus siapkan Exist Strategi sebelum berakhir dana Otsus di 2027 mendatang,” tutupnya optimis.

Redaksi

Leave a Reply