oleh

India dan Bangladesh Dikepung Banjir, Jutaan Orang Terperangkap

MEDIARESMI.COM | Hampir 6 juta orang di Bangladesh dan India dikabarkan terperangkap banjir akibat hujan muson. Setidaknya, 19 warga Bangladesh dilaporkan tewas.

Kemungkinan cuaca dan keadaannya juga diprediksi akan semakin buruk. Demikian disampaikan pihak berwenang setempat.

Dikutip CNBC Indonesia, polisi setempat menjelaskan sambaran petir telah menewaskan sedikitnya 15 orang di delapan distrik di Bangladesh sejak Jumat, dan empat orang tewas akibat tanah longsor.

Seorang pakar pemerintah juga menyebut banjir di Bangladesh sebagai potensi terburuk di negara itu sejak tahun 2004, diperburuk dengan hujan lebat melintasi pegunungan India.

“Sebagian besar timur laut negara itu berada di bawah air dan situasinya makin buruk karena hujan lebat terus berlanjut,” kata Mohammad Mosharraf Hossain, Kepala Administrator Wilayah Sylhet Bangladesh, dikutip dari Reuters, Minggu 19 Juni 2022.

Sebagai informasi, hujan muson musiman, yang biasanya dinanti oleh para petani di seluruh Asia Selatan, juga kerap menyebabkan hilangnya nyawa dan harta benda setiap tahun.

Bangladesh dan India telah mengalami peningkatan cuaca ekstrem dalam beberapa tahun terakhir, menyebabkan kerusakan skala besar.

Pemerhati lingkungan memperingatkan perubahan iklim dapat menyebabkan lebih banyak bencana, terutama di dataran rendah dan padat penduduk Bangladesh.

(*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed