oleh

Hadapi Invasi di Pulau yang Diperebutkan China, Jepang Gelar Simulasi Perang

MEDIARESMI.COM | Sebagai persiapan menghadapi “invasi asing” di pulau Senkaku atau Diaoyu yang menjadi sengketa dengan China. Jepang dilaporkan melakukan latihan militer.

Beberapa sumber pemerintah Jepang mengatakan kepada Kyodo News bahwa latihan ini diikuti oleh pasukan angkatan bersenjata Jepang, penjaga pantai, dan kepolisian Jepang pada 20 November lalu.

Latihan ini dilakukan di Pulau Tsutara, Goto, prefektur Nagasaki yang mirip dengan Pulau Outsuri, bagian dari Kepulauan Senkaku di Laut China Timur.

Pemerintah Jepang mengklaim latihan militer selama dua hari itu dilakukan untuk meningkatkan respons angkatan bersenjata terhadap kondisi darurat di wilayah kepulauan.

Jepang juga menegaskan bahwa latihan ini tak menyasar pulau atau negara tertentu, dikutip dari South China Morning Post.

Walaupun demikian, sebuah sumber menyampaikan bahwa latihan ini dilakukan untuk meningkatkan kerja sama antara armada laut militer Jepang dan penjaga pantai menghadapi situasi ‘zona abu-abu’ yang melibatkan serangan militer skala penuh terhadap Jepang.

Sumber itu mengatakan bahwa pemerintah Jepang memilih Pulau Tsutara karena bentuk pesisirnya dan tebing curam yang mirip dengan Pulau Uotsuri. Ia juga menyampaikan latihan ini dilakukan menggunakan helikopter dan kapal.

Markas Besar Penjaga Pantai Regional ke-11 yang berbasis di Naha, prefektur Okinawa, dan tim polisi prefektur yang bertugas menjaga pulau-pulau terpencil juga bergabung dalam latihan tersebut.

Sekretaris Kabinet Jepang, pada 22 November lalu menuturkan bahwa ada 400 pasukan yang berpartisipasi dalam latihan ini.

Jepang dan China memang telah berkonflik lama memperebutkan Kepulauan Senkaku/Diaoyu. Kepulauan ini telah diklaim oleh Jepang pada 1895.

Namun, China mulai mengklaim kembali kepulauan itu pada 1970-an dengan dasar sejarah. Selama ini, Kepulauan Senkaku/Diaoyu juga berada di bawah administrasi Jepang.

Kepulauan Senkaku/Diaoyu merupakan daerah yang strategis yang terletak 170 kilometer dari utara Taiwan. Wilayah ini kaya akan cadangan gas alam dan minyak, dekat dengan jalur perdagangan, dan dikelilingi spot penangkapan ikan yang kaya.

Sengketa Kepulauan Senkaku/Diaoyu telah lama menjadi salah satu batu ganjalan relasi Jepang-China. China kerap mengerahkan sejumlah kapal patroli ke kepulauan tersebut memicu protes dan keprihatinan dari Jepang.

Sumber: CNNIndonesia

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed