oleh

Empat Tahun LLDIKTI di Tangan Prof Faisal Rani

MEDIARESMI.COM | Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah XIII menggelar acara pisah sambut Kepala LLDIKTI dari kepemimpinan Prof. Dr. Faisal Rani, SH.,MH., kepada Dr. Rizal Munadi.

Kegiatan itu berlangsung di Banda Aceh, Sabtu malam 25 Juni 2022. Hadir pada kesempatan itu mantan Sekretaris Pelaksana, Dr. Ilham Maulana, para karyawan LLDIKTI wilayah Aceh dan tamu undangan lainnya.

Selama 4 tahun LLDIKTI di bawah kepemimpinan Prof Faisal Rani dan Ilham Maulana, keduanya melanjutkan program kerja kepemimpinan sebelumnya, Prof. Jamaluddin Jamal.

Sebagai lembaga pelayanan, pembinaan dan monev, banyak terobosan dilakukan untuk perbaikan manajemen, dan mutu Perguruan Tinggi Swasta (PTS) se-Aceh.

Usaha yang dilakukan seperti mendorong dosen PTS Aceh mengusulkan jabatan fungsional (asisten ahli, lektor, dan lektor kepala) termasuk memberikan pendampingan para dosen PTS dalam pengusulan profesor.

Di bawah kepemimpinan Prof Faisal Rani dan Ilham Maulana, mendorong PTS Aceh berbenah dalam penguatan mutu dan peningkatan akreditasi program studi serta institusi.

Lembaga terus melakukan pendampingan kepada kampus-kampus yang belum terakreditasi. LLDIKTI juga menjembatani, menfasilitasi dan memantau PTS agar tetap disiplin dalam memberikan berbagai laporan.

Seperti pelaporan lulusan, penguatan mutu internal, dan lainnya, agar manajemen pengelolaan PTS semakin baik. Banyak kemudahan dosen, tenaga pendidik dan PTS dalam menyelesaikan berbagai administrasi LLDIKTI, baik secara langsung ke kantor LLDIKTI maupun melalui online.

Semua terfasilitasi dengan baik, biarpun kadang kala masih ada juga miskomunikasi dan keterlambatan, ini perlu dilakukan pembenahan pada periode kepemimpinan Rizal Munadi.

Akademisi Unaya Usman Lamreung mengatakan, diakhir masa jabatan, ada satu hal yang patut dibanggakan yaitu pembangunan Kantor LLDIKTI di Tibang Banda Aceh. Ini merupakan buah kerja keras pimpinan LLDIKTI Aceh yang mampu berkordinasi dengan berbagai pihak.

Berkat komunikasi yang baik, saat ini terwujud pembangunan Kantor LLDIKTI Aceh. Sebelumnya, selama 9 tahun kantor LLDIKTI berpindah-pindah. Tahun ini diharapkan kantor tersebut terealisasi.

“Kedepan diharapkan, LLDIKTI Aceh juga mampu menjalin kerjasama dengan Pemerintah Aceh. Karena banyak program penguatan sumberdaya manusia, baik beasiswa, riset dan pelatihan,” katanya kepada Wartawan MEDIARESMI.COM, Selasa 28 Juni 2022.

Kepemimpinan Rizal Munadi diharapkan mampu membuka hubungan dan berkomunikasi dengan Pemerintah Aceh. Program penguatan SDM dinilai harus menjadi perhatian Pemerintah Aceh, tidak hanya PTN, PTS-pun seharusnya tak luput dari program-program Pemerintah Aceh.

“Selain itu perlu juga sinergi dalam mencetak sumber daya manusia Aceh sesuai dengan kebutuhan daerah. Kedepan, LLDIKTI diyakini mampu mendorong PTS di Aceh melahirkan sumberdaya manusia yang andal dan tangguh,” katanya.

(R)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed