Home > Nasional > Densus 88 Belum Dikerahkan Buru Teroris di Papua

Densus 88 Belum Dikerahkan Buru Teroris di Papua

Sebarkan Berita Ini

MEDIARESMI.COM | Polri menyampaikan Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror belum ikut dilibatkan dalam Satuan Tugas Operasi Nemangkawi. Kabar pelibatan Densus 88 untuk ikut memburu kelompok kriminal bersenjata (KKB) Papua yang dicap teroris.

“Belum ada. Nemangkawi TNI dan Polri yang kerja,” kata Kadiv Humas Polri Irjen Argo Yuwono di PTIK, Kebayoran Baru pada Rabu, 5 Mei 2021.

Menurut dia, Satgas Nemangkawi dalam rangka penegakan hukum di Papua sampai saat ini masih berjalan di bawah komando Asops Kapolri, Irjen Imam Sugianto. Tentunya, mereka sudah memetakan di sana untuk memberi keamanan warga Papua.

“Kita saling koordinasi antara TNI-Polri, kepolisian setempat dan Pemda. Tentunya, ingin memberikan kepada masyarakat Papua tidak ada rasa takut,” ujarnya.

Pun, Argo mengatakan aparat keamanan juga tetap melakukan beberapa pendekatan seperti soft power dan hard power. Maksudnya, kata dia, soft power di sini memberikan sesuatu yan preventif.

“Jadi, bisa melalui kegiatan Bimas Noken. Kita memberdayakan anggota kepolisian dengan masyarakat di sana untuk mempunyai suatu keterampilan,” jelas dia.

Sementara, kata Argo, terkait hard power itu bakal dilakukan penegakan hukum yang tegas kepada pihak yang mengganggu keamanan dan ketertiban masyarakat. “Untuk hard power kalau melanggar pidana, ya akan kami proses,” katanya.

Sebelumnya, Asisten Operasi (Asops) Kapolri, Irjen Imam Sugianto mengatakan Polri saat ini mengkaji pelibatan Densus 88 Antiteror Polri dalam penanganan KKB teroris di Papua.

“Ini kita rapat ke KSP (Kantor Staf Presiden). Nah, arahan Pak Kapolri bagaimana terutama pelibatan Densus,” kata Imam saat dihubungi wartawan pada Kamis, 29 April 2021.

Baca juga: ISIS Ledakkan Dua Sumur Minyak di Irak

Dia menyampaikan dengan pemerintah telah menetapkan KKB Papua sebagai teroris, maka Densus 88 Antiteror setidaknya harus dilibatkan. “Kalau sudah ditetapkan gitu, Densus nanti harus kita ikutkan membantu. Paling tidak memetakan, segala macam itu,” jelas dia.

Sumber: VIVA

You may also like
KKB Hadang dan Serang TNI, Empat Prajurit Terluka
Tindakan Biadab Teroris Israel Sengaja Hancurkan Kantor Berita di Gaza
Pengamat Sebut Marsekal Hadi Tjahjanto Gagal Pimpin TNI
Penangkapan Munarman FPI Diprotes Banyak Pihak, Begini Alasannya

Leave a Reply