oleh

Demokrat Ngaku Konsisten Perjuangkan Perpanjangan Otsus Aceh

MEDIARESMI.COM | Partai Demokrat mengaku akan terus perjuangkan perpanjangan masa dana otonomi khusus (otsus) untuk Aceh.

Hal itu diungkapkan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) saat melakukan safari politik ke Aceh, di Banda Aceh, Selasa malam 19 April 2022.

“Demokrat akan terus memperjuangkan perpanjangan masa dana otsus Aceh,” kata AHY.

Berdasarkan amanah perdamaian Aceh melalui Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2006 tentang Pemerintah Aceh (UUPA), alokasi dana otsus Aceh pertama diterima pada tahun 2008 dan akan berakhir pada tahun 2027.

Namun, memasuki tahun 2022, besaran dana otsus yang diterima Aceh itu sebesar 2 persen dari total dana alokasi umum (DAU) nasional (APBN).

Pada tahun 2023 hingga 2027 atau 5 tahun terakhir, besaran dana otsus Aceh tersebut berkurang menjadi 1 persen dari total DAU nasional. Setelah itu, Aceh tidak lagi menerima bantuan dana otsus.

“Memang terjadi penurunan, hal itu karena undang-undangnya mengatakan seperti itu. Tentu hal ini sangat disayangkan dana otsus berkurang,” ujar AHY.

Dia mengungkap, kondisi keuangan negara sedang masa krisis, sudah pasti alokasi dana otsus Aceh ini dapat ditingkatkan atau kemudian dipertahankan.

“Seperti di Papua itu dahulu harapannya itu ditingkatkan menjadi 4 persen. Akan tetapi, yang ada hanya 2,25 persen. Itu karena memang kemampuan negara segitu, jauh dari harapan. Namun, terus berikhtiar,” kata AHY.

Sebelumnya, Ketua DPD Demokrat Aceh Muslim juga telah menyatakan bahwa Demokrat merupakan partai pertama yang menerima Fraksi Partai Aceh di DPR Aceh dalam rangka membahas upaya perpanjangan dana otsus tersebut.

Ia menegaskan bahwa Demokrat terus mengawal dan memperjuangkan kekhususan Aceh, termasuk perpanjangan masa penerimaan dana otsus.

“Kami konsisten untuk mengawal dan memperjuangkan perpanjangan masa dana otsus Aceh, sehingga memberikan dampak signifikan terhadap kesejahteraan rakyat Aceh,” ungkap Muslim.

Laporan : Hakim

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed