oleh

China Ancam Gempur Taiwan

MEDIARESMI.COM | Beijing mengaku tidak akan ragu menggempur Taiwan, jika mereka berani mendeklarasikan kemerdekaannya dari China.

Menteri pertahanan China Wei Fenghe menyampaikan hal itu saat menggelar pertemuan dengan Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin di sela-sela KTT keamanan Dialog Shangri-La di Singapura, Jumat 10 Juni 2022.

Ketegangan AS-China telah meningkat di Taiwan yang demokratis dan memiliki pemerintahan sendiri, yang hidup di bawah ancaman invasi terus-menerus oleh China.

Sementara itu, Beijing memandang pulau itu sebagai wilayahnya dan berjanji suatu hari akan merebutnya, dengan paksa jika perlu. Demikian dilansir laman Channel News Asia, yang dikutip Liputan6, Sabtu 11 Juni 2022.

Wei secara tegas memperingatkan Austin bahwa “jika ada yang berani memisahkan Taiwan dari China, tentara China pasti tidak akan ragu untuk memulai perang berapa pun biayanya.”

Menteri China bahkan bersumpah bahwa Beijing akan menghancurkan hingga berkeping-keping setiap plot ‘kemerdekaan Taiwan’ dan dengan tegas menjunjung tinggi penyatuan tanah air.

Dia menekankan bahwa Taiwan adalah Taiwan China … “Menggunakan Taiwan untuk menahan China tidak akan pernah berhasil,” tegas Kementerian Pertahanan China.

Sedangkan Austin, dari Departemen Pertahanan AS menegaskan kembali pentingnya perdamaian dan stabilitas di Selat (Taiwan), penentangan perubahan sepihak terhadap status quo, dan meminta (China) untuk menahan diri dari tindakan destabilisasi lebih lanjut terhadap Taiwan.

Selama ini dikabarkan, ketegangan di Taiwan telah meningkat, khususnya karena meningkatnya serangan pesawat China ke zona identifikasi pertahanan udara (ADIZ) pulau tersebut.

 

(*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed