Home > Gaya Hidup > Catat! Ini 5 Waktu Diyakini Terkabulnya Doa di Bulan Ramadhan

Catat! Ini 5 Waktu Diyakini Terkabulnya Doa di Bulan Ramadhan

Sebarkan Berita Ini

MEDIARESMI.COM | Bulan ramadhan merupakan bulan suci dan paling mulia dalam kehidupan umat Islam. Bulan ramadhan menjadi salah satu bulan yang membuat umat Islam berlomba-lomba beramal shalih.

Selain berpuasa ramadhan, ada beberapa ibadah lainnya seperti shalat tarawih, tadarus Al-Quran, bersedaqah, banyak berdzikir, berdoa dan melakukan kegiatan baik lainnya untuk mendapatkan pahala berlipat ganda sesuai dengan janji Allah dan Rasulullah.

Bulan ini menjadi salah satu waktu yang terbaik dalam setahun kalender. Karena itu, harus banyak berdoa dan beramal shalih. Karena kesempatan terbaik seperti disampaikan Rasulullah dalam hadits;

“Sesungguhnya Allah membebaskan beberapa orang dari api neraka pada setiap hari di bulan ramadan, dan setiap muslim apabila dia memanjatkan do’a, akan dikabulkan.” – HR. Al-Bazaar.

Seperti dilansir Rumaysho.com, menurut hadits riwayat Al-Bazaar, waktu mustajab untuk berdoa ialah setiap hari di bulan ramadan. Namun, terdapat waktu tertentu yang diyakini sebagai waktu terkabulnya doa.

Berikut waktu-waktu yang diyakini akan dikabulkan doa oleh Allah Yang Maha Kuasa:

  1. Waktu Sahur

Makan sahur merupakan salah satu ciri khas dari ibadah di bulan ramadhan. Di waktu ini, umat Islam punya kesempatan juga untuk makan agar kuat secara fisik dalam menjalankan ibadah puasa ramadhan.

Umat Islam disarankan banyak berdoa ketika sahur, dan memohon ampun pada Allah SWT serta memperbanyak istigfar. Karena waktu sepertiga malam itulah pintu-pintu langit terbuka sekaligus merupakan waktu terkabulnya doa selama ramadhan.

Ibnu Hajar pun menjelaskan dalam hadis nya, “Doa dan istighfar di waktu sahur mudah dikabulkan.” (Fath Al-Bari, 3: 32)

  1. Saat Berpuasa

Puasa merupakan salah satu jalan meraih ketakwaan. Jika dilakukan dengan benar dan ikhlas, akan diganjar pahala yang sangat besar. Tidak hanya itu, dari Abu Hurairah, Nabi shallallahu alaihi wasallam bersabda:

“Tiga orang yang doanya tidak tertolak: orang yang berpuasa sampai ia berbuka, pemimpin yang adil, dan doa orang yang dizalimi.” (HR. Ahmad 2: 305. Syaikh Syu’aib Al Arnauth mengatakan bahwa hadits ini shahih dengan berbagai jalan dan penguatnya).

  1. Ketika Berbuka

Menurut hadis riwayat muslim, keutamaan berbuka dapat mendatangkan dua kebahagiaan. Pertama, kebahagiaan saat berbuka dan kedua, kebahagiaan ketika bertemu dengan Rabb nya.

Hadis riwayat Ibnu Majah juga menyebutkan bahwasannya, berbuka adalah waktu mustajab untuk berdoa. “Sesungguhnya orang yang berpuasa memiliki doa yang tidak tertolak pada saat berbuka.” – HR Ibnu Majah.

  1. Malam Lailatul Qadar

Para ulama tafsir menyebutkan, malam Lailatur Qadar biasanya ditandai dengan ketenangan. Dimana malaikat-malaikat akan turun ke bumi guna menyapa hamba-hamba Allah yang beribadah.

Saking banyaknya malaikat yang turun -termasuk Malaikat Jibril- sehingga bumi terasa sesak. Suara bising meredup, angin-angin berhenti, alam pun jadi teduh dan nikmat.

Malam Lailatur Qadar juga digunakan oleh umat muslim untuk meraih pahala sebanyak-banyaknya. Sebab pada malam mulia lebih dari seribu bulan ini, Allah menjanjikan berbagai keistimewaan.

Tirmidzi dan Ibnu Majah mengatakan, bahwa malam Lailatul Qadar adalah malam penuh kesejahteraan dan merupakan waktu terkabulnya doa selama ramadan.

“Ya Allah, sesungguhnya engkau Maha Pengampun dan menyukai sifat pemaaf, maka ampunilah aku.” – H.R. Tirmidzi, Ibnu Majah.

Maka dari itu, jangan meragukan kekuatan doa di bulan ramadan. Terutama pada malam istimewa yang disembunyikan ini. Sebab bisa jadi, kamu lah salah satu yang beruntung mendapatkan Lailatul Qadar. Dan tentu, pahala sama dengan 1000 bulan adalah hadiah terbaik tiada tara.

  1. Dalam Sujud

Sujud adalah salah satu gerakan sholat dengan menempelkan dahi, hidung, kedua telapak tangan, kedua lutut dan kedua ujung kaki pada lantai atau sajadah.

Pada gerakan ini, Allah menjanjikan pahala yang luar biasa. Mengapa? Karena sujud merupakan sikap merendahkan diri yang utuh kepada Tuhannya. Pada saat ini pula, segala doa akan dikabulkan.

Tidak hanya pada sujud terakhir, waktu mustajab untuk berdoa di bulan ramadan juga berlaku pada semua gerakan sujud dalam sholat.

Allah berfirman dalam surat Qaf ayat 16: “Dan Kami lebih dekat kepadanya daripada urat lehernya.” – (Qaf/50:16)

Sejalan dengan Firman tersebut, Hadis Riwayat Muslim juga menyebutkan, waktu terkabulnya doa selama ramadan adalah ketika seorang hamba sedang bersujud dan memohon pada Tuhannya.

“Sedekat-dekatnya seorang hamba dengan Rabbnya adalah ketika dia sedang sujud, maka perbanyaklah doa.” – HR. Muslim

Mengingat ramadan adalah bulan penuh berkah dengan banyak keutamaan, maka jangan pernah sia-siakan. Gunakan waktu mustajab untuk berdoa supaya apa yang disemogakan segera diaminkan.

Sumber

Leave a Reply