Home > Daerah > Bupati Aceh Besar Resmikan PSC 119, Apa itu?

Bupati Aceh Besar Resmikan PSC 119, Apa itu?

Sebarkan Berita Ini

MEDIARESMI.COM | Untuk meningkatkan pelayanan kesehatan dan kondisi darurat lainnya di Kabupaten Aceh Besar, Pemerintah Aceh Besar melalui Dinas Kesehatan meresmikan layanan Public Safety Center (PSC) 119, Selasa 16 Maret 2021.

PSC diresmikan langsung oleh Bupati Aceh Besar, Ir. H. Mawardi Ali, di Sekretariat PSC 119 Aceh Besar yang berlokasi di Gampong (Desa) Bada Kecamatan Ingin Jaya, Kabupaten Aceh Besar atau tepatnya sebelum kuburan massal tsunami, Siron Blang Bintang.

Lantas, apa itu PSC dan kegunaannya? Bupati Aceh Besar Mawardi Ali, saat kegiatan itu menjelaskan, PSC 119 merupakan pusat layanan darurat untuk keselamatan warga Aceh Besar, yang mulai sekarang bakal beroperasi selama 24 jam penuh.

PSC akan selalu siap turun ke lokasi di seluruh wilayah Aceh Besar, jika ada kondisi darurat yang dialami oleh warga Aceh Besar, termasuk di daerah terpencil seperti Lhoong, Pulo Aceh dan Lamteuba atau Krueng Raya.

“PSC 119 ini siap melayani warga Aceh Besar yang membutuhkan pelayanan kesehatan dan darurat di Kabupaten Aceh Besar. Ada orang melahirkan di Pulo Aceh, jangan dibawa menggunakan boat, ini sudah ada PSC 119. Lakukan kerjasama dengan dinas perhubungan,” kata Bupati kepada Kepala Dinas Kesehatan Aceh Besar, Anita, S.KM., M.Kes.

Bupati juga menginstruksikan agar petugas di pusat PSC 119 selalu siaga penuh selama 24 jam, agar dapat melayani masyarakat Aceh Besar yang membutuhkan saat mengalami kondisi darurat. Sehingga, PSC 119 berfungsi dengan baik dalam hal penanganan dan pengamanan untuk kepentingan publik.

Terkait kondisi alam yang harus dihadapi seperti ke Pulo Aceh, Mawardi Ali menegaskan sudah ada kapal yang juga bisa digunakan untuk kasus darurat seperti warga Pulo Aceh yang ingin melahirkan maupun kondisi darurat lainnya.

“Kalau mampu ditangani di Puskesmas itu lebih baik. Tapi, kalau tidak mampu harus cepat menghubungi PSC 119. Warga juga jangan menipu, harus melaporkan kejadian yang sebenarnya. Misalnya kecelakaan di jalan atau ada orang digigit ular dan darurat lainnya, bisa menggunakan PSC 119 ini,” jelasnya.

Selain di Kecamatan Ingin Jaya, Bupati Aceh Besar juga mengaku bakal mendirikan PSC 119 di lokasi strategis lainnya seperti di Lhoknga, Baitussalam maupun Indrapuri. “Ibu-ibu di Puskesmas ini harus tahu dia bagaimana dengan (mekanisme) pelayanannya,” ujar Mawardi Ali.

Hadir pada kesempatan itu, Ketua DPRK Aceh Besar Iskandar Ali, Kepala Dinas Kesehatan Aceh Besar, Kepala Basarnas Aceh, perwakilan Kodim 0101/BS Aceh Besar, perwakilan Kapolresta Banda Aceh, Kejari, perwakilan dinas Perhubungan dan unsur Forkopimda Aceh Besar lainnya. Turut hadir Ketua PKK Aceh Besar, Hj. Rahmah Abdullah.

Penulis: Hidayat Pulo

You may also like
Bupati Aceh Besar: Pesantren Solusi Terbaik
Aceh Besar Launching Puskesmas Santun Lansia
Pemkab Aceh Besar Bentuk Tiga Kelompok Tim Safari Ramadhan
Kadis Kesehatan Aceh Besar Surati LKPP Minta Black List PT Mirtada Sejahtera

Leave a Reply