Home > Gaya Hidup > Bolehkah Langsung Mandi Usai Berolahraga?

Bolehkah Langsung Mandi Usai Berolahraga?

Sebarkan Berita Ini

MEDIARESMI.COM | Mandi setelah berolahraga memang terdengar menggoda, karena bisa lebih rileks apalagi mandi menggunakan air dingin. Tapi, apakah boleh langsung mandi setelah melakukan olahraga?

Tapi, langsung mandi setelah berolahraga, ternyata kurang baik bagi kesehatan. Seperti dilansir dari Times of India sebagaimana mengutip Okezone, Sabtu 21 November 2020, anda perlu menunggu hingga 20 menit usai berolahraga.

Bukan hanya sebelum mandi, melakukan pendingina (rileks) usai melakukan olahraga juga sangat penting sebelum meninggalkan tempat olahraga. Pendinginan sama dengan menggerakkan badan dengan santai seperti pemanasan awal sebelum melakukan olahraga.

Pendinginan dan peregangan intensitas rendah ini ternyata sangat penting untuk mengembalikan tubuh pada posisi santai, sehingga kembali dalam keadaan istirahat. Pendinginan juga dapat menormalkan kembali detak jantung dan suhu tubuh.

Waktu ideal, anda baru boleh mandi usai berolahraga, setelah badan terasa sudah tidak lagi mengeluarkan keringat atau saat keringat di tubuh mulai mengering. Setidaknya butuh waktu 20 hingga 30 menit.

Jadi, sebelum mandi usai berolahraga, ada baiknya menunggu dulu 20 hingga 30 menit sampai keringat mengering di tubuh sambil minum air atau jus untuk mengembalikan cairan tubuh yang hilang usai berolahraga sambil menunggu keringat hilang.

Leave a Reply