oleh

Bill Gates Bosan Jadi Orang Terkaya?

MEDIARESMI.COM | Pendiri Microsoft sekaligus salah satu orang terkaya di dunia, Bill Gates, mengatakan dia akan mendonasikan USD 20 miliar atau Rp 300 triliun kepada yayasannya untuk mengatasi penderitaan global saat ini.

“Meski ada kemunduran global dalam beberapa tahun terakhir ini, saya melihat tindakan heroisme dan pengorbanan yang luar biasa di berbagai belahan dunia dan saya yakin perbaikan bisa terjadi,” kata dia dalam pernyataannya, seperti dilansir laman the Washington Times, Rabu 13 Juli 2022.

“Saya harap dengan memberi lebih banyak, kita bisa mencegah penderitaan yang sedang dihadapi banyak orang saat ini dan memenuhi visi yayasan untuk memberikan kesempatan hidup yang sehat dan produktif bagi semua orang.”

Menurut Badan Program Pembangunan PBB (UNDP), ada 71 juta penduduk dunia yang terjerumus dalam jurang kemiskinan akibat invasi Rusia ke Ukraina yang dimulai 24 Februari lalu, terutama karena melonjaknya harga pangan dan energi.

Badan Program Pangan PBB melaporkan jumlah orang kelaparan ekstrem saat ini sekitar 345 juta jiwa, naik 25 persen sejak perang di Ukraina berkecamuk.

Dengan sumbangan ini Yayasan, Bill Gates berharap bisa meningkatkan pendidikan, mengurangi kemiskinan, dan meningkatkan kemampuan global dalam menghadapi penyakit menular serta mencapai kesetaraan gender.

Yayasan Bill Gates berencana meningkatkan anggaran tahunan sebesar 50 persen dari sebelum pandemi hingga ke angka sekitar USD 9 miliar pada 2026.

Menurut Bloomberg Billionaire Index, kekayaan Bill Gates saat ini ditaksir sekitar USD 114 miliar atau Rp 1.713 triliun dan menempati ranking keempat orang terkaya dunia. Sebagian besar kekayaan Gates berasal dari saham Microsoft.

Tapi Gates mengatakan dirinya ingin keluar dari daftar orang terkaya. “Saya akan turun peringkat dan akhirnya keluar dari daftar orang terkaya,” tulisnya dalam unggahan di blog kemarin, seperti dikutip CNN.

“Saya punya kewajiban untuk mengembalikan kekayaan saya kepada masyarakat agar punya dampak besar memperbaiki kehidupan. Saya berharap orang lain yang punya kekayaan besar ikut melakukan hal ini.”

Sumber: Merdeka.com

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed