Home > Daerah > Begini Cara Aminullah Perkenalkan Banda Aceh di Mata Dunia

Begini Cara Aminullah Perkenalkan Banda Aceh di Mata Dunia

Sebarkan Berita Ini

MEDIARESMI.COM | Wali Kota Banda Aceh, H. Aminullah Usman terus mengupayakan berbagai cara meningkatkan ekonomi masyarakat Banda Aceh, baik melalui kegiatan pariwisata maupun kebudayaan.

Menurut Aminullah, Jaringan Kota Pusaka Indonesia (JKPI) juga bakal memprogramkan Kota Banda Aceh sebagai lokasi menggelar Festival Kopi bertaraf internasional. Demikian disampaikan Wali Kota, Rabu 7 April 2021.

Hal itu terungkap dalam rapat JKPI tentang rencana kegiatan Kota Kebudayaan Indonesia yang berlangsung di Hotel Ashley, Jakarta, Rabu 7 April 2021.

Rapat tersebut dihadiri Ketua Presidium JKPI, Bupati Kabupaten Siak Alfedri, Direktur Eksekutif Nanang, dewan pakar budaya Gaura Mancacaritadipura, Taufik Rahzen serta jajaran, dan perwakilan Kota Sawahlunto.

Dalam kesempatannya, Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman menuturkan bahwa Banda Aceh memiliki potensi warisan budaya yang tinggi dalam mendukung sektor wisata, salah satunya Kopi Aceh.

“Akan kita gelar festival dengan tujuan agar Banda Aceh semakin populer di mata dunia,” ungkap Aminullah Usman.

Dia pun memaparkan bagaimana Aceh pada umumnya yang cukup dikenal sebagai salah-satu produsen kopi kelas dunia, khususnya Banda Aceh yang dijuluki kota “Seribu Warung Kopi”.

“Pada zaman dulu, kota ini dikenal sebagai kota jalur rempah maritim, yang diperdagangkan lada kopi dan rempah-rempah lainnya. Sehingga dikenal kota pusaka yang bersejarah panjang,” paparnya.

Atas usulan bersama tersebut, Aminullah pun menyatakan siap menggelar Festival Kopi Dunia. “Kita berharap negara-negara penghasil kopi terbesar di dunia seperti Brasil, Italia, Afrika, dan negara di Eropa lainnya turut ikut serta di sini nantinya,” harapnya.

“Outputnya akan memberikan dampak bagi semua (multiplier effect). Untuk waktunya akan kita rencanakan kembali, mengingat kondisi saat ini masih di tengah pandemi,” demikian tutupnya. **

You may also like
Disnaker Verifikasi Ulang Kepengurusan Baru Serikat Pekerja Hotel Grand Nanggroe
Pentingnya Pendidikan Politik Bagi Kaum Perempuan
Daging Meugang di Kota Banda Aceh Dipastikan Cukup
Persoalan IPAL Banda Aceh Harus Diselesaikan Secara Objektif dan Ilmiah

Leave a Reply