oleh

Bawa Laras Panjang, TNI-Polri Patroli Bersama Hentikan Ilegal Mining di Pidie

MEDIARESMI.COM | TNI-Polri melakukan patroli bersama dan mengimbau masyarakat untuk menghentikan penambangan emas ilegal di Geumpang, Pidie, Aceh, Jumat 1 Juli 2022.

Patroli bersama yang dilakukan Kodim /0102 Pidie dan anggota Polres Pidie ini menunjukkan bahwa gesekan yang terjadi sebelumnya hanya miskomunikasi saat penertiban penambangan emas ilegal (ilegal mining) di Geumpang beberapa hari lalu.

Dalam patroli gabungan hari ini, TNI-Polri juga membawa senjata laras panjang, yang dipimpin Pasi Ops kodim 0102/Pidie Kapten Inf Samsul Rizal dan Kabag Ops Polres Pidie AKP Hendra Gunawan Tanjung.

Patroli gabungan dilaksanakan untuk menjaga kestabilan situasi wilayah dan masyarakat Kecamatan Geumpang serta memberi imbauan kepada masyarakat untuk bersama-sama menjaga dan peduli terhadap lingkungannya.

Di tempat terpisah, Dandim 0102/Pidie Letkol Inf Abd Jamal Husin menyampaikan, TNI-Polri secara tegas meminta agar tidak ada lagi aktivitas ilegal minim yang memberikan dampak pada kerusakan alam, karena dikhawatirkan bisa mendatangkan bencana longsor dan banjir bandang.

“Pelanggaran fatal tersebut yaitu aktifitas pertambangan ilegal sangatlah besar melahirkan dampak bagi bencana alam yang memakan korban jiwa serta harta benda. Maka patut kami tegaskan agar masyarakat untuk menghentikan aktivitas dimaksud,” tegas Letkol Inf Abd Jamal Husin.

Dari penelusuran yang dilakukan oleh tim beberapa waktu lalu dengan melibatkan pihak Koramil 17/Geumpang dan Polsek setempat, terdapat beberapa titik kondisi kerusakan alam sangat parah.

“Penambang ilegal yang menggunakan alat berat seperti ekskavator (beko) maupun penggalian lubang akan sangat merugikan bagi masyarakat,” ujarnya.

Karena itu, Kodim 0102/Pidie dan Polres Pidie beserta jajarannya mengimbau masyarakat secepatnya menghentikan aktivitas yang bertentangan dengan aturan hukum negara.

(*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed