Home > Ekonomi Bisnis > Amerika Serikat Bakal Larang Impor Minyak Sawit, Termasuk dari Indonesia?

Amerika Serikat Bakal Larang Impor Minyak Sawit, Termasuk dari Indonesia?

Sebarkan Berita Ini

MEDIARESMI.COM | Pemerintah Amerika Serikat (AS) kabarnya bakal melarang semua pengiriman minyak sawit dari salah satu produsen terbesar di dunia.

Rencana itu dilakukan AS setelah menemukan indikasi kerja paksa dan pelanggaran di perkebunan yang masuk ke dalam rantai pasokan beberapa perusahaan makanan dan kosmetik paling terkenal di AS.

Mengutip Republika, Kantor Perdagangan Bea Cukai dan Perlindungan Perbatasan AS sebelumnya melakukan penyelidikan terhadap Sime Darby Plantation Berhad milik Malaysia dan anak perusahaan lokalnya.

Mereka mengaku menemukan pelanggaran terhadap pekerja yang termasuk kekerasan fisik dan seksual, pembatasan pergerakan, intimidasi dan ancaman, jeratan hutang, pemotongan gaji dan kerja lembur yang berlebihan.

Direktur Eksekutif Kantor Perdagangan Bea Cukai dan Perlindungan Perbatasan AS Ana Hinojosa juga mengungkap, pihaknya telah melakukan penyelidikan selama berbulan-bulan, dan menemukan eberapa masalah terlihat sistemik.

“Para importir harus tahu ada risiko reputasi, keuangan dan hukum yang terkait dengan mengimpor barang-barang. Itu dilakukan oleh kerja paksa ke Amerika Serikat,” kata Hinojosa dalam konferensi pers telepon, seperti dilansir AP News, Jumat 01 Januari 2020.

Sebelumnya, The Associated Press melakukan investigasi mendalam terhadap pelanggaran ketenagakerjaan di perkebunan Malaysia dan negara tetangga, Indonesia. Ada juga petisi dari kelompok nirlaba dan firma hukum. **

Leave a Reply