oleh

Aliansi Pemuda Tani Aceh Desak Pj Gubernur Aceh Copot Kadistanbun

MEDIARESMI.COM | Aliansi Pemuda Tani Aceh (APTA) melakukan demonstrasi di halaman Kantor Dinas Pertanian dan Perkebunan Aceh, Jumat 5 Agustus 2022.

Aksi yang berlangsung sekitar dua jam itu dihadiri 35 orang dari kalangan petani dan pemuda Aceh. Mereka juga menyampaikan orasi secara bergantian.

Ayah Pulo selaku penanggung jawab aksi menyampaikan, unjuk rasa ini bagian penting dilakukan karena ada persoalan petani di lapangan.

Persoalan pupuk subsidi yang langka, harga TBS sawit yang anjlok, serta persoalan peremajaan sawit rakyat yang tidak tepat sasaran,” kata Ayah Pulo.

Ayah Pulo meminta Pj Gubernur Aceh segera mencopot Kadistabun Aceh kerena lemahnya loby di Pemerintah Pusat terkait alokasi pupuk subsidi di Aceh.

“Jumlah kebutuhan pupuk di Aceh mencapai 350 ribu ton, sedangkan yang didapatkan yang dialokasikan di Aceh hanya 50 ribu ton,” ungkapnya.

Dalam kesempatan itu, Ayah Pulo menyampaikan sejumlah tuntutan diantara; meminta Pj Gubernur Aceh segera copot Kadistanbun Aceh, meminta Pemerintah Aceh menyurati Presiden terkait harga TBS sawit yang anjlok.

Selanjutnya, meminta pihak terkait menyelidiki dugaan peremajaan sawit yang tidak tepat sasaran. “Kita meminta kepada penegak hukum segera melakukan penyelidikan,” tegasnya.

Ayah Pulo juga mengharapkan Pj Gubernur Aceh mengambil tindakan tega terhadap kemahnya komunikasi dan loby Kadistabun Aceh.

“Butuh pemimpin yang strong yang mampu mengakomodir semua keluhan petani di Aceh, persoalan harga beli dan inovasi petani,” imbuhnya.

Para petani dan pemuda ini mengancam segera menurunkan massa yang lebih banyak, jika tuntutan mereka tidak segera diakomodir oleh Pj Gubernur Aceh.

Hadir pada aksi tersebut penggagas demonstrasi, Heri Safrijal SP MTP, Syarbaini dari perwakilan Forum Pemuda Aceh, dan Nuzul Fahmi, seorang petani melon Aceh.

 

(*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed