Home > Kesehatan > Ahli Penyakit Infeksi Amerika Sudah Prediksi Kemunculan Covid-19 sejak 2019

Ahli Penyakit Infeksi Amerika Sudah Prediksi Kemunculan Covid-19 sejak 2019

Sebarkan Berita Ini

Mediaresmi.com | Seorang ahli penyakit menular Amerika mengklaim telah memprediksi Covid-19 sejak Juni 2019. Hal tersebut ia sampaikan dalam forum perdana Future of Healthcare Summit.

Dia adalah dr Anthony Fauci, pengelola US National Institute of Allergy and Infectious Diseases. Dalam obrolannya bersama Steve Clemons, editor The Hill, di forum kesehatan tersebut, dia mengutarakan bahwa akan ada pandemi penyakit pernapasan.

“Sebagai ahli penyakit infeksi menular, banyak hal yang saya khawatirkan, tapi Anda tak menginginkan prediksi saya ini akan ada penyakit pernapasan menular yang menyebar begitu cepat dan kekebalan populasi tak diketahui dasarnya. Penyakit menular itu akan menjadi pandemi influenza baru (yang sekarang kita sebut Covid-19),” kata dr Fauci, menurut laporan Business Insider.

Penyakit ini, sambungnya, sangat menggangu pikirannya dan sangat mengkhawatirkan. Karena ketika Anda memiliki penyakit pernapasan yang mudah menyebar dan memiliki tingkat morbiditas dan kematian yang tinggi, ini jadi bencana kesehatan global.

Prediksinya itu kini terjadi dan dr Fauci merasa seperti mimpi buruk yang jadi kenyataan. Ia merasa sangat bersalah karena prediksinya sangat benar sekarang.

“Saya sangat menyesal bahwa saya sudah sangat mahir membaca masa depan ketika diwawancara Steve. Saya sangat menyesal tentang itu,” ungkap dr Fauci meminta maaf di forum kesehatan The Hill tahun ini.

Di sisi lain, bukan hanya dr Fauci yang memprediksi bakal terjadi pandemi Covid-19 ini, Bill Gates pun memprediksi hal tersebut. Gates menyatakan, dunia perlu mempersiapkan diri menghadapi wabah penyakit yang sangat berbahaya, tak kalah menghawatirkan dari perang.

“Dari semua itu, kita mesti mengambil pelajaran dari pandemi Covid-19 ini bahwa kita tidak boleh mengabaikan masa depan demi mempersiapkan diri lebih baik. Penting bagi kita untuk mengambil pendekatan pragmatis dan sistematis agar siap menghadapi apa yang bakal terjadi setelah ini semua,” terang dr Fauci.

Dalam keterangannya, dr Fauci pun memperingati masyarakat agar tidak mengabaikan pesan masa depan. Sebab, ketika Anda abai karena menganggap itu belum terjadi dan hanya prediksi, Anda melalaikan kemungkinan. “Kamu hanya coba menakuti,” kata dr Fauci.

Dari pandemi ini, dr Fauci belajar sesuatu. Baginya, cara mempersiapkan diri menghadapi pandemi adalah dengan terlebih dulu menempatkan kemampuan ilmiah dan kesehatan masyarakat sebagai sesuatu yang diprioritaskan.

“Bukan soal pandemi apa yang bakal terjadi berikutnya, tetapi cobalah untuk menempatkan kewaspadaan diri pada segala kemungkinan,” tegasnya.

Sumber

You may also like
Antibodi Vaksin Sinovac Diprediksi Hanya Bertahan Setahun
Heboh! Prof Nidom Sebut Virus Covid-19 Itu Buatan, Tidak Alami
Kadisdik Aceh Alhudri Minta Sekolah Gelar Doa Tolak Bala Sebelum Belajar
Banda Aceh Masih Orange, Aminullah Ingatkan Warga Tetap Patuhi Protokol Kesehatan

Leave a Reply